Kamis, 15 Mei 2014

SETING PLECI LOMBA

Salam pleci mania..

Disini saya akan berbagi pengalaman tentang bagaimana cara menyeting PLECI buat lomba.
Mungkin banyak dari rekan rekan pencinta burung pleci yg stres dengan plecinya pd saat di bawa ke lomba. Sedikiit berbagi ilmu mudah mudahan bs bermanfaat.

Rawatan seminggu sebelum lomba:
Hari senin - kamis embunkan pleci pukul 05.00 - 06.30. Kemudian mandikan, setelah matahari nampak jemur pleci, dalam penjemuran copot semua pakan dan air minumnya. Durasi penjemuran cukup sampe dengan pukul 10.00 kemudian angkat anginkan. Kasih ulat hongkong 1 ekor yg baru ganti kulit.kasih voor yg mengandung tepung jangkrik. Untuk air minum kita tetesi vitamin. Dan untuk buah ksh pepaya..taruh pleci di teras atau di tempat yg sejuk, biarkan pleci bernyanyi sebentar.kemudia krakap dan di master.
SORE harinya sekitar pukul 15.30 pleci di keluarkan ganti buahnya yg sebelumnya pake pepaya kita ganti pisang kepok putih yg sdh di potong separo kemudian di leleti madu setetes / 1 pentol korek, cek air minum. Untuk voor di copot jd cuma pisang dan air minum aja..kemudian krakap lagi dan di master. Pada malam hari sekitar pukul 20.00 pleci di mandikan, dan di cas / di rendang dengan pleci lainya. Habis mandi + ulat hongkong 1 yg baru ganti kulit supaya hangat kemudian krakap utk istirahat dan di master smpe bsok pagi.

•  Hari jumat dan sabtu sama kyk di item di atas, embunkan pleci jam 05.00. kasih ulat hongkong putih 1 ekor kemudian jemur sampe dengan pukul 11.00,( tanpa mandi) kemudian angkat dan anginkan + ulat hongkong putih 1 ekor lg. Untuk buah saya pake buah apel merah/ pisang kepok putih. Air minum + vitamin dan secepuk air madu.voor secukupnya saja. Krakap dan master.
Sorenya sekitar pukul 15.30 keluarkan, kasih ulat hongkong putih 1 yg baru ganti kulit kemudian cek air minum, buah dan voor..kemudian krakap dan di master.
Malam hari sekitar pukul 20.00 pleci di mandikan bersama2 pleci lainya (cas/rendang) setelah mandi ksh uler hongkong 2 ekor yg baru ganti kulit dan kroto segar secukupnya..kemudian krakap dan istirahatkan.

•  Hari minggu / hari H
Keluarkan pleci dri tempatnya sekitar pukul 08.00.bersihkan kandang ganti buah pisang dng yg baru, air minum dan voor.kasih ulat hongkong putih 1 ekor kemudian krakap. Dan pleci siap di bawa ke lomba..

Setelah sampe di arena lomba, biarkan pleci ber adaptasi dengan suasana. Sekitar lomba kurang 1 jam, pleci kita mandikan sepuasnya tergantung kebiasaan. Ksh ulat hongkong putih 1 lagi dan jemur cukup 30 menitan dan habis itu kita full krakap taruh di tempat tenang..dan pleci siap di lombakan.

Demikian pengalaman saya dalam menyeting pleci buat lomba sekedar berbagi ilmu..

2 komentar:

  1. Saya juga sering membawa pleci saya ke arena lomba, main pleci sekarang harus bisa ngracik doping sendiri karena kalau tanpa doping burungnya kurang ngotot dan gak mau bongkar isian.
    Setelan Harian Pleci Ngalas Ngerol Full Tembakan

    BalasHapus
  2. Memang untuk menghasilkan burung Pleci yang mampu gacor dan juga buka paruh membutuhkan perawatan dan juga pelatihan yang rutin. Untuk caranya lebih lanjut
    https://www.sangkarlapis.us

    BalasHapus