Rabu, 14 Mei 2014

SETING CUCAK JENGGOT JANTAN

Salam Kicau Mania..

  Sedikit berbagi ilmu tentang bagaimana cara menyeting / SETING CUCAK JENGGOT JANTAN untuk lomba.

-Hari Senin sd kamis pagi sekitar pukul 05.30 - 06.00 burung di embunkan, kasih jangkrik 1 kemudian mandikan, bersihkan kotoran ganti air minum dan buah. Keringkan sebentar kemudia burung di krakap kembali masukan di tempatnya. Setelah pukul 07.30 burung di keluarkan, buka krakap, lepas air minum dan buah kemudian jemur. Untuk mendapatkan hasil penjemuran yang maksimal, saya biasanya menggunakan krakap yg sudah di basahi (mandi sauna). Tp kalau dengan menggunakan cara ini kita harus slalu memantaunya jng sampai burung kehabisan oksigen. Alangkah baiknya pd waktu penjemuran dengan krakap, krakap di buka risletingnya sedikit. Penjemuran di lakukan 1 sd 2 jam saja sdh cukup. Kemudian anginkan sebentar ksh buah pepaya dan air minum lalu krakap lg masukan ke tempat penyimpanan. Pemasteran jng lupa, selama burung istirahat siang.
Kemudian di sore harinya sekitar pukul 16.00 burung di keluarkan lg , buka krakap dan kasih jangkrik 1 atau belalang ijo. Kemudian mandikan dan jemur. Setelah kering cek pakan dan air minumnya, lalu gantung di tempat yg terang, biasanya saya menggantungya di atas Tv, biarkan sesekali bersuara. Setelah habis magrib burung di krakap, di master biarkan istirahat sampe besok pagi.

Hari Jumat rawatan pagi mandi jemur sama, hanya menu jangkrik pagi naik menjadi 2 ekor. Untuk buah kasih apel merah yg sudah di buang isinya. Sore harinya di jam yg sama sekitar pukul 16.00 burung di keluarkan ksh jangkrik 2 ekor dan buah di ganti dengan pisang. (Tanpa mandi).

Hari sabtu burung sdh tidak mandi pagi lg, hanya di keluarkan dri rumah, kasih jangkrik 2 ekor yg sudah di buang kepalanya, kemudia bersihkan kandang, utk buah full pisang kepok putih yg sudah matang dengan sedikit di olesi dengan madu, cukup 1 pentol korek api.( klo kebanyakan bs OB ). Jemur ful krakap cukup 30 menitan saja. Kasih sedikit kroto segar dan air minum kasih vitamin.klo saya biasanya menggunakan merk terkenal. Voor di kasihkan cukup 1 sendok makan. Kemudian burung di simpan di tempat yg tenang, jng lupa pemasteran sesuai yg kita suka.
Di sore harinya burung cucak jenggot di keluarkan, di buka krakapnya kasih jngkrik 2 ekor+1 ulat hongkong yg baru ganti kulit. Kemudian cek voor, air dan buah. Krakap lg masukan ke tempat penyimpanan kemudian di master biarkan istirahat sampe besok.

Untuk Hari Minggu/ hari H.
Pagi sekitar pukul 08.00 burung di keluarkan dri rumah, kasih jangkrik 1 (kembali ke menu harian) kemudian mandikan sampe puas. Sambil menunggu cucak jenggot selesai mandi, kandang di bersihkan kasih buah pepaya.Setelah selesai mandi, burung segera masukan kandang kemudian krakap. Biarkan bulu dalam keadaan basah..selanjutnya burung cucak jenggot siap di bawa ke Latber/lomba..
Sesampe di tempat lomba, burung di taruh di tempat yang tenang dan jauh dari burung cucak jenggot lainya..biarkan tenang kurang lebih 30 menitan..kemudian buka krakap biarkan cucak jenggot beradaptasi sambil kasih ulat hongkong putih yg baru ganti kulit cukup 2 ekor, kemudian krakap lg.
Sambil menunggu jatah gantang, sesekali kita liat kondisi burung, klo kurang birahi tambahkan ulat hongkong 2 ekor+ jemur krakap 10 menit saja, kemudian copot semua buah dan voor sisakan cuma air minumnya saja dan burung siap di lombakan.

Mungkin hanya itu dulu rekan rekan kicau mania, sedikit berbagi ilmu tentang SETING CUCAK JENGGOT JANTAN yg sama saya terapkan pd burung cucak jenggot " VIRUS" milik saya yg baru saya rawat selama 5 bulan ini dengan naik podiom selama 10 kali. Yang terakhir no.III di Muntilan cup I dan No.IV di Garningsun Gombong fiesta. Sekarang burung lg saya istirahatkan krn lg ganti bulu.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar